- See more at: http://blog-rangga.blogspot.com/2013/01/cara-mengganti-icon-kursor-blog-dengan.html#sthash.HqlMzEQN.dpuf - See more at: http://blog-rangga.blogspot.com/2013/01/cara-mengganti-icon-kursor-blog-dengan.html#sthash.HqlMzEQN.dpuf

Minggu, 27 April 2014

Upaya Melestarikan Daerah Aliran Sungai.



Air adalah sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan tak terbatas jumlahnya. Tapi jika tidak kita rawat dan lestarikan dengan baik, air akan menjadi tercemar dan mengandung bibit penyakit.

Sungai sebagai salah satu sumber air yang dapat kita manfaatkan untuk berbagai keperluan sehari-hari sudah selayaknya kita rawat dan diperlukan berbagai upaya untuk menjaga sumber daya air supaya kelestariannya terjaga, bersih dan sehat. Lalu, bagaimana cara melestarikan daerah aliran sungai? Berikut diantaranya:


  1. Tidak membuang sampah di sungai. Kebiasaan masyarakat membuang sampah di sungai harus benar-benar dihentikan. Selain dapat mencemari sungai, sampah yang dibuang ke sungai juga dapat membuat hewan-hewan yang hidup di sungai mati.
  2. Tidak buang air di sungai. Kebiasaan buang air kecil atau besar di sungai harus dihentikan, karena dapat menimbulkan bibit penyakit.  
  3. Tidak membuang limbah rumah tangga dan industri ke sungai. Memang, sungai dianggap sebagai tempat paling mudah untuk membuang limbah cair dari rumah tangga maupun industri. Tapi perlu diingat bahwa limbah tersebut mengandung bahan-bahan kimia yang dapat mencemari air sungai. Untuk itu, limbah yang ingin dibuang ke sungai harus melalui proses tertentu sehingga aman dan tidak mencemari air sungai.  
  4.  Melestarikan hutan di hulu sungai. Pohon-pohon yang ada di sekitar hulu sungai sebaiknya tidak digunduli atau ditebangi secara sembarangan agar tidak menimbulkan erosi tanah. Erosi dapat mengakibatkan tanah, pasir dan benda-benda lain dapat terbawa aliran air sehingga membuat sungai menjadi dangkal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar