- See more at: http://blog-rangga.blogspot.com/2013/01/cara-mengganti-icon-kursor-blog-dengan.html#sthash.HqlMzEQN.dpuf - See more at: http://blog-rangga.blogspot.com/2013/01/cara-mengganti-icon-kursor-blog-dengan.html#sthash.HqlMzEQN.dpuf

Minggu, 27 April 2014

Pelestarian Sungai Dengan Pemberdayaan Masyarakat



Pelestarian sungai menjadi hal yang mutlak dilakukan untuk menghindarkan kualitas sungai yang semakin memburuk. Untuk itu, dibutuhkan suatu pengelolaan sungai dalam satu manajemen, dari hulu sampai muara sungai. Dalam kenyataannya, satu sungai melalui beberapa wilayah administratif yang berbeda sehingga menimbulkan kecenderungan pengelolaan yang tidak sama. Untuk mengantisipasi perbedaan pengelolaan sungai, maka manajemen dapat diambil alih oleh Provinsi agar terhindar dari perbedaan kepentingan. Dalam program pengelolaan sungai, pemerintah tidak bisa bekerja sendiri, sehingga harus melibatkan masyarakat. Masyarakat bukan sebagai obyek saja, namun juga sebagai subyek dalam melaksanakan program-progran Pemerintah. Untuk menyiapkan masyarakat sebagai subyek perlu dibekali dengan pengetahuan dan informasi mengenai sungai melalui pemberdayaan masyarakat. Dalam pemberdayaan masyarakat melalui beberapa tahap, yaitu :
  1. Tahap penyadaran dan pembentukan perilaku menuju perilaku sadar dan peduli sehingga merasa membutuhkan peningkatan kesadaran tinggi. 
  2. Tahap transformasi kemampuan berupa wawasan pengetahuan, kecakapan, ketrampilan agar terbuka wawasan dan memberikan ketrampilan dasar sehingga dapat mengambil peran di dalam pembangunan.
  3. Tahap peningkatan kemampuan intelektual, kecakapan, ketrampilan sehingga terbentuklah inisiatif dan kemampuan inovatif untuk mengantarkan kemandirian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar